Jumat, 07 Desember 2012

Eits, Madu Mengkristal Jangan Dulu Dibuang!


Dewi Yanti - Okezone
detail berita
(Foto: tipnut)
BILA Anda mempunyai stok madu dalam jumlah banyak di toples, penting untuk memperhatikan cara menyimpannya. Terkadang, madu bisa berubah bentuk menjadi kristal atau membentuk gumpalan-gumpalan. Apakah masih aman untuk digunakan?

Berikut penjelasannya sekaligus cara mencairkannya kembali, seperti diulas Tipnut:

Lelehkan dengan cara memanasi

Panaskan secara perlahan untuk mencegah kerusakan madu. Caranya, letakkan toples yang berisi madu dalam panci berisi air hangat. Atur panasnya sampai suhu sedang-rendah dan aduk sampai kristal larut. Anda juga dapat menempatkan tabung dalam panci air panas dan biarkan sampai mencair (tidak bertumpu pada unsur dipanaskan).

Cara cepatnya, Anda bisa memanaskan madu dengan microwave selama 30 detik, aduk rata, biarkan dingin selama 20 detik kemudian panaskan lagi selama 30 detik. Jika masih ada butiran yang perlu dilarutkan, aduk lagi dan dinginkan seperti cara yang telah disebutkan sebelumnya.

Setelah meleleh, butiran-butiran akan hilang untuk sementara waktu, tetapi bisa akan kembali pada bentuk semula jika madu tidak segera digunakan. Cukup ulangi proses pemanasan setiap kali madu yang mengkristal akan digunakan.

Apakah madu mengkristal masih aman dimakan?

Madu tidak akan kedaluwarsa, tapi lebih baik gunakan sebelum dua tahun karena kondisi penyimpanan dapat mempengaruhi rasa madu. Madu mengkristal sebenarnya dapat dimakan. Madu tersebut akan meleleh secara perlahan-lahan saat berada di mulut. Sebagian orang bahkan ada yang memilih madu mengkristal.

Bekukan madu untuk tahan lama

Tahukah Anda bahwa madu dapat dibekukan? Jika madu bukan bahan kebutuhan sehari-hari yang sering Anda gunakan, maka cobalah membekukannya dalam wadah kecil. Cairkan madu pada saat akan digunakan sesuai jumlah kebutuhan. Pembekuan akan membantu mencegah kristalisasi madu. (ftr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar