Kamis, 20 Desember 2012

Tahun 2013, Sungai Gangga Bakal Jadi Lautan Manusia



Adhia Azkapradhani

Salah satu rangkaian Festival Maha Kumbh (Foto: News)
INDIA - Sebuah festival keagamaan yang unik akan segera digelar di India. Jutaan orang akan memenuhi Sungai Gangga untuk menyucikan diri mereka.

Setengah telanjang, warga India akan melakukan sebuah ritual untuk menyucikan diri dari dosa dengan mandi massal di Sungai Gangga, India. Ritual tersebut dilakukan dalam rangka Festival Maha Kumbh, dan diperkirakan akan menyedot lebih dari 70 juta orang.

Kaum perempuan yang ikut ritual disebut dengan Naga Sadhvi sedangkan para pria dijuluki Naga Sadhu. Mereka akan meninggalkan seluruh harta duniawi untuk kemudian hidup secara nomaden dari satu kuil ke kuil lainnya, hutan, serta gua-gua yang tersebar di seluruh India dan Nepal. Ritual tersebut digambarkan sebagai perjalanan ke seluruh negeri sebelum festival dimulai. Orang-orang suci juga akan menanggalkan seluruh pakaiannya selama festival berlangsung, seperti dilansir News

Festival ini sendiri sudah mulai dilakukan sejak 600 SM. Pada 2007 lalu, lebih dari 21 juta umat Hindu mengikuti rangkaian festival ini selama 45 hari berturut-turut. Saat itu menjadi salah satu pertemuan Hindi terbesar yang pernah ada di dunia. Festival Maha Kumbh selanjutnya akan digelar di Allahabad pada Januari 2013 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar