Minggu, 23 Desember 2012

Tips Merawat Perhiasan dari Perak


 

Lovers, berikanlah perawatan terbaik agar koleksi perak Anda tetap berkilau. Berikut tips dari kami:
1. Agar kilau perak tidak pudar, jauhkan dari cahaya dan udara. Bungkus dengan kertas kedap air, lalu masukkan ke dalam plastik dan simpan di tempat yang gelap.


2. Jangan terkena air garam

3. Laplah sesering mungkin perhiasan perak dan emasmu. Gunakan lap dan bahan abrasive seperti autosol yang banyak dijual di supermarket. Gunakan yang lembut dan bagus dari bahan katun.
4. Gunakan cairan pembersih khusus perak ( tersedia di toko perhiasan), atau cukup memakai sabun cair, taruh di kain kemudian lap di perhiasan perakmu.
5. Simpan perhiasan perak di dalam tas kain sebelum masuk lemari atau tas kulit. Tempat lain yang aman adalah kotak kertas, plastik dan logam. Kalau ada silica gel itu lebih bagus.
6. Apabila perhiasan perak atau emas sudah tergores dan Anda tidak keberatan untuk sedikit susut, pergunakan amplas nomor 1000, bila sudah agak halus gunakan amplas nomor 2000 sampai halus, boleh sekali-sekali celup di air.
Apabila dirasa sudah cukup halus, silakan memakai autosol (petunjuk 3) untuk membuat perhiasan Anda cling kembali. Kalau belum cling artinya amplasan kurang. Ini disebut polishing. Cara ini tidak bisa dilakukan untuk barang-barang yang disepuh karena menyebabkan lapisan sepuh hilang.
7. Setelah dibersihkan, keringkan dengan kain lembut.
Peringatan:
Karena perak mudah sekali tergores, hindari menggosok selain kain khusus.

Untuk permata yang buram (selain berlian), bisa digosok dengan cara di atas namun memakan waktu lebih lama, tergantung dari tingkat keburamannya dan jenis permatanya.

Selamat merawat yaa :)

sumber :diadandia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar