Rabu, 19 Desember 2012

Menghentikan Kebiasaan Merokok




Menghentikan kebiasaan merokok untuk Anda yang sudah kecanduan menghisap rokok bukan sebuah hal mudah. Namun, bukan berarti menghentikan kebiasaan merokok ini tidak bisa dilakukan. Karena, pada dasarnya merokok bukanlah sebuah aktivitas yang baik dan sehat untuk dilakukan. Terutama jika dilihat dari dampak yang ditimbulkan atas kebiasaan ini bukan sekedar pada perokoknya. Namun, yang lebih membahayakan justru pada dampak yang ditimbulkan terhadap orang-orang yang berada di sekitar perokok. Orang-orang inilah yang kemudian disebut sebagai perokok pasif, karena menerima dampak atas sesuatu yang tidak dilakukannya.


Untuk itu, bagi para perokok yang ingin berhenti merokok, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Diantaranya :
Adanya keseriusan dan niat yang kuat. Hal ini merupakan dasar bagi sebuah upaya untuk berhenti merokok. Tanpa adanya niat yang serius, maka upaya tersebut tidak akan berhasil dan kebiasaan merokok tidak akan bisa berhenti sepenuhnya.
Tumbuhkan rasa sayang pada orang-orang di lingkungan Anda. Karena, dampak merokok pada orang-orang yang ada di sekitar Anda jauh lebih besar daripada yang diterima pada seorang perokok.
Kurangi pergaulan dengan lingkungan perokok. Hal ini khususnya perlu dilakukan pada saat awal-awal proses berhenti merokok dilakukan. Karena pada masa-masa inilah, psikologis seorang perokok yang akan berhenti sedang dalam kondisi labil. Sehingga harus menjauh dari lingkungan yang memiliki peran besar untuk merangsang kebiasaan merokok.
Perbanyak aktivitas. Dengan demikian, godaan untuk merokok bisa dikurangi. Biasanya, orang-orang akan merokok sebagai alasan untuk mengisi kegiatan di waktu senggang.
Untuk mengurangi rasa asam yang banyak timbul di mulut setelah makan, gunakan permen atau garam sebagai pengganti rokok.
Pelajari dengan serius dampak-dampak merokok yang membahayakan kesehatan. Informasi itu tidak sekedar disampaikan melalui tulisan. Tak jarang, alat bantu dan gambar pun digunakan untuk menunjukkan betapa besar dampak rokok terhadap kesehatan manusia, khususnya di bagian pernafasan. Namun, itu semua tidak menimbulkan efek jera dan membuat para perokok menghentikan kebiasaan merokok mereka - zona terlarang berita hot trend ramalan terbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar