Jumat, 08 Maret 2013

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

ternyata, wortel itu memilikki banyak khasiat dan manfa'at yang luar biasa. Sayuran ini memilikki kandungan Beta Karoten dan vitamin A yang tinggi, sehingga bisa mencegah beberapa penyakit yang berbahaya ataupun yang tidak termasuk berbahaya. Berikut ini adalah penyakit yang bisa dicegah dengan mengkonsumsi wortel :



manfaat wortel bagi kesehatan kita

1. Mencegah Kanker

Penyakit ini termasuk penyakit mematikan dan berbahaya yang obatnya jarang ditemukan. Tapi, penyakit ini juga bisa dicegah dengan salah satunya yaitu mengkonsumsi wortel. Mengapa? karena, wortel memilikki banyak sekali kandungan beta karoten, rata - rata 12.000 IU. Sedangkan, para ahli menganjurkan 15.000 - 25.000 IU.

Selain karena memilikki kandungan beta karoten yang banyak, sayuran ini bersifat antioksidan yang melawan kerja destruktif sel - sel kanker. Selain itu, killer cell alami juga dapat dihasilkan oleh beta karoten sehingga membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Kesehatan Mata

Menurut saya, mata merupakan alat indra yang paling penting diantara alat indra yang tidak kalah pentingnya juga. Karena dengan mata, kita bisa melihat keindahan alam semesta ini. Untuk itu, kita harus senantiasa menjaganya supaya selalu sehat.

Salah satu cara untuk menyehatkan mata, yaitu dengan banyak mengkonsumsi wortel. Mengapa ? karena wortel merupakan salah satu sayuran yang memilikki kandungan vitamin A yang banyak. Rhodopdin merupakan salah satu pigmen untuk mempertajam penglihatan di malam hari yang hasil dari pengubahan vitamin A di retina mata.

Kekurangan vitamin A juga merupakan hal yang berbahaya, karena dapat menyebabkan buta ayam atau rabun senja. Tapi, penyakit seperi itu dapat dicegah dan diperbaiki dengan mengkonsumsi wortel secara rutin.

3. Menurunkan Kolesterol Darah

Wortel juga mengandung pectin yang baik, sehingga bisa menurunkan kolesterol darah. Selain itu, konstipasi juga bisa dicegah dengan sayuran ini karena wortel memilikki serat yang tinggi. Karena wortel memilikki kandungan kalium, sayuran ini mampu membantu menetralkan asam dalam darah dan vitamin A yang membantu hati menghilangkan toksin dalam tubuh.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kalium merupakan kandungan mineral yang terkandung di dalam sayuran ini. Mineral berfungsi menjaga keseimbangan air dalam tubuh dan membantu tekanan darah serta membantu menetralkan asam dalam darah. Sehingga, sayuran ini bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara mengkonsumsi nya :
- Ambil 500 gr wortel cuci bersih kemudian potong-potong.
- Beri sedikit air matang, lalu diblender.
- Saring, dan minum segera.
- Usahakan jus wortel ini rutin diminum 3 kali sehari.

5. Mengatasi Nyeri Saat Haid

Haid atau menstruasi merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi pada wanita secara rutin. Menstruasi terjadi ketika wanita sedang mengalami masa puber hingga sekitar umur 40 tahunan. Berhentinya wanita dari menstruasi disebut menopause.
  
Tapi, ketika akan haid wanita biasanya akan merasakan rasa nyeri yang lumayan. Salah satu cara untuk mengatasi rasa nyeri tersebut adalah dengan mengkonsumsi wortel. Berikut caranya :
- Ambil 250 gr wortel cuci bersih lalu potong-potong.
- Tambahkan sedikit air, lalu blender.
- Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar