Minggu, 16 Desember 2012

Rajin Sikat Gigi Tapi Masih Bau Mulut ini dia Pembahasannya

1. Banyak orang tidak menyikat gigi di malam hari sebelum tidur

Jika ini juga terjadi pada Anda, ada baiknya Anda mengingat kembali bagaimana cara Anda menjaga kebersihan mulut selama ini.
Sikat gigi sudah dilakukan 2 kali sehari, namun hanya saat mandi pagi dan sore. Lantas bagaimana nasib sisa makanan yang Anda makan di malam hari setelah mandi sore? Plak tersebut tentu masih akan menempel di permukaan gigi hingga Anda bangun dan sikat gigi saat mandi pagi. Aliran air liur yang bertugas membilas plak berkurang selama Anda tidur. Lama kelamaan plak akan mengeras menjadi karang gigi yang merupakan sumber bau mulut.

2. Sikat gigi dilakukan secara sembarangan
Ada yang hanya menyikat gigi di permukaan depannya saja, dan luput menyikat gigi belakang serta permukaan gigi bagian dalam baik gigi atas maupun bawah. Akibatnya plak menumpuk di gigi yang tidak terjangkau saat sikat gigi, yang lama-lama mengeras menjadi karang gigi.

3.Mengunyah hanya pada satu sisi
Gerakan pengunyahan akan menstimulasi keluarnya air liur yang akan membilas sisa makanan. Jika makanan hanya dikunyah satu sisi, maka kelenjar air liur sisi tersebut akan lebih aktif mengeluarkan air liur sementara sisi lainnya tidak. Maka plak akan menumpuk dan juga berujung kepada pembentukan karang gigi
 4. Lidah kotor karena tidak pernah ikut disikat
Permukaan lidah yang tidak rata dapat menyimpan kotoran dan bergabung dengan bakteri yang menghasilkan gas sulfur, yang merupakan sumber bau mulut.

5. Gigi berlubang dan dibiarkan tidak dirawat
Gigi yang berlubang akan menjebak makanan terperangkap di dalamnya. Jika ini tidak dibersihkan, makanan akan membusuk dengan adanya bakteri dan mengeluarkan gas sulfur penyebab bau mulut.

6.Makanan sering tersangkut di sela gigi dan tidak dibersihkan
Pada kondisi tertentu, ada beberapa tempat dimana makanan sering tersangkut terutama saat sedang makan daging-dagingan. Jika hal ini terus terjadi dan tidak dibersihkan dengan baik, dapat menjadi lubang gigi pada daerah tersebut.

7.Pastikan Anda menggosok gigi dengan cara yang benar #1
Yaitu dengan arah vertikal sedikit memutar pada permukaan gigi bagian depan. Seluruh permukaan gigi harus disikat tanpa kecuali. Jika hal ini sulit Anda lakukan, kemungkinan sikat gigi terlalu besar. Gantilah dengan sikat gigi dengan kepala sikat yang kecil dan menjangkau hingga gigi paling belakang.

8. Pastikan Anda menggosok gigi dengan cara yang benar #2
Tidak perlu penekanan berlebihan saat menyikat gigi, bulu sikat yang keras akan melukai gusi dan mengikis gigi, sebaiknya pilih bulu sikat yang soft. Jangan lupakan sikat gigi sebelum tidur.

9.Pastikan Anda menggosok gigi dengan cara yang benar #3
Lidah pun perlu ikut disikat. Anda dapat gunakan sikat gigi biasa, atau produk sikat gigi yang memiliki bagian khusus untuk menyikat lidah.

10. Pastikan Anda menggosok gigi dengan cara yang benar #4
Gunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi. Repot sedikit tidak mengapa, demi kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut Anda.

11. Rutin ke Dokter Gigi
Periksakan gigi secara rutin untuk mendeteksi dini jika terjadi kondisi yang memerlukan perawatan, agar tidak terlanjur parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar