Sabtu, 15 Desember 2012

Pentingnya Perhatikan Asupan Gizi & Porsi Makan Anak



detail berita




Untuk pertumbuhan dan perkembangan yang normal, seorang anak memerlukan variasi makanan, baik karbohidrat, protein (hewani maupun nabati), lemak, buah, dan sayur dalam porsi yang seimbang dan jumlah yang cukup.


Seiring dengan peningkatan aktivitas anak, porsi makan anak juga akan meningkat untuk mencukupi kebutuhannya. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan dengan menilai apakah porsi makan yang diterima putra ibu sudah sesuai dengan kebutuhannya. Kebutuhan masing-masing anak berbeda karena bergantung pada berat badan ideal menurut tinggi badan anak.

Apabila porsi makan belum sesuai, maka yang harus dilakukan adalah menambah porsi makan tersebut menjadi sesuai dengan kebutuhan anak dan aktivitasnya. Namun, apabila porsi makan yang diterima anak sudah tepat, berarti langkah kedua yang perlu dilakukan adalah mencari apakah anak mempunyai infeksi atau sakit kronik yang menyebabkan energinya terpakai untuk mengatasi penyakit tersebut, sehingga berat badannya tidak naik dan bahkan turun.

Apabila terdapat infeksi yang mendasari, pengobatan terhadap infeksi disertai pemberian makan yang tepat akan menyebabkan berat badan anak naik dengan baik.


Dr. Elina Waiman, Sp.A
Spesialis Anak
RS Awal Bros Tangerang
(tty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar