Sabtu, 15 Desember 2012

Mendiskusikan Masalah Keuangan Sebelum Nikah, Itu Perlu!!!


Manusia diciptakan untuk berpasang-pasangan, dimana keabsyahan untuk menjadi berbapasang-pasangan itu bisa dilegalkan dengan menikah. Nah, setelah menikah itu tentu tak ada satupun pasangan yang menginginkan rumah tangganya bermasalah. Tapi apa daya, pernikahan yang sudah dilegalkan itu bukan berarti bebas dari keretakan, konon masalah finansial adalah salah satu penyebab utama keretakan dalam rumah tangga dan bahkan, hingga ada yang sampai pada perceraian. Agaknya banyak pasangan yang sulit berkompromi pada hal yang satu ini.
Tahukah anda, sebenarnya Mendiskusikan Masalah Keuangan Sebelum Nikah, Itu Perlu!!! biar masing-masing paham dengan kondisi keungan, berikut adalah cara mendiskusikan masalah keungan dengan pasangan dikutip dari ehow.
  1. Bicarakan Gaji
    Sebelum menikah, ada baiknya jika Anda dan pasangan membicarakan mengenai gaji saat ini. Cari tahu tentang penghasilan pasangan, baik dari pekerjaan utama atau dari pekerjaan sampingannya. Diskusikan mengenai segala hal yang sekiranya akan berubah setelah Anda menikah nanti. Ketahui kapan waktunya Anda atau pasangan mendapatkan kenaikan gaji.
  2. Bicarakan Kartu Kredit
    Topik ini merupakan yang paling sering menimbulkan masalah. Jadi ada baiknya, jika Anda mendiskusikan mengenai kebiasaan dalam menggunakan kartu kredit, mulai dari pembelian barang yang boleh menggunakan kartu kredit hingga batasan pembayaran tiap bulannya. Jumlahkan semua utang kartu kredit berdua, dan susun rencana untuk membayarnya.
  3. Bicarakan Utang
    Bahas segala jenis utang Anda berdua. Kredit mobil, dan gadai merupakan utang yang harus diketahui sebelum pasangan menikah. Cari tahu apakah pasangan merasa kesulitan saat membayar utang-utangnya? Jika ya, bantu dia dengan mencari jalan keluar yang paling bijak. Menggunakan jasa financial planner, bisa menjadi alternatif.
  4. Bicarakan Tabungan
    Beritahu pasangan mengenai rekening tabungan, rekening cek, rekening saham atau jenis akun lainnya yang Anda miliki. Diskusikan kegunaan dan jumlah uang dalam akun tersebut. Putuskan apakah Anda akan tetap mempertahankan akun-akun itu atau membuat akun bersama.
  5. Bicarakan Tujuan Keuangan
    Tentukan apa yang akan Anda dan pasangan lakukan dengan uang bersama, seperti membeli rumah, mobil, memiliki anak, kuliah atau berinvestasi. Untuk menghindari pemasalah keuangan nantinya, pastikan Anda berdua memiliki tujuan serta ekspektasi yang sama di masa depan.
Dengan saling terbuka masalah keungan dengan calon pasangan, diharapkan masing-masing akan memahani kondisi keungan pasangannya sehingga setelah menikah tidak menjadi sumber huru-hara dalam rumahtangganya. Nah, ngomong-ngomong masalah keungan, sudah pada punya tak etnik dari etnikshop belum nih? buat yang belum buruan dipilih-dipilih tas cantiknya. Emang apa hubungannya punya tas dari etnikshop dengan keuangan? hubungannya adalah buat yang punya tas dari etnikshop kami do’akan keungannya lancar, hingga berlimpah-limpah, amin ^_^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar