Senin, 17 Desember 2012

Bebas Ancaman Penyakit Kronis, Kontrol Berat Badan Anda



Niken Anggun Nurani
detail berita
Lemak perut sebabkan obesitas (Foto: Healthmeup)
OBESITAS merupakan salah satu penyakit yang dapat memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan. Seringkali obesitas dikaitkan dengan penyakit lain yang cukup berbahaya. Terutama jika obesitas memanifestasikan dirinya sebagai lemak di sekitar daerah perut.

Ada banyak penyakit yang bisa terpengaruh akibat obesitas. Organisasi kesehatan dunia sudah memberikan peringatan kepada warga dunia untuk mengubah gaya hidup tidak sehat yang dapat memicu obesitas. Apalagi obesitas dapat meningkatkan risiko untuk mengembangkan penyakit kronis, demikian yang dilansir Healthmeup.

Obesitas yang memicu lemak di sekitar daerah perut dianggap lemak yang berbahaya, lemak ini biasa disebut lemak visceral. Lemak visceral mengalir ke pembuluh darah yang mengarah ke jantung, dan mengelilingi organ vital. Hal ini dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, dan dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Penyakit lain yang dapat dengan mudah dipicu oleh obesitas adalah kolesterol. Lemak perut atau visceral akan meningkatkan kolesterol dalam darah Anda. Kolesterol ini disimpan dalam pembuluh darah penting yang mengarah ke jantung, menghambat aliran darah, dan dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Selain kolesterol, penyakit kronis lain yang mungkin disebabkan oleh obesitas adalah diabetes tipe 2. Ketika tubuh Anda memiliki terlalu banyak cadangan lemak, ia akan mengurangi penyimpanan gula. Pada gilirannya, obesitas ini akan memicu diabetes.

Obesitas adalah suatu indikator dari risiko penyakit kronis. Dengan makan lebih baik, menyesuaikan porsi yang tidak berlebihan. Dan rutin berolahraga, Anda dapat mengurangi tingkat obesitas dan risiko penyakir kronis. (ind)

(tty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar