Jumat, 14 Desember 2012

Anak anda mimpi buruk?



Ketika anak terbangun tiba-tiba di malam hari dan menangis, bisa jadi ia baru mendapat mimpi buruk.

KOMPAS.com - Tidak hanya Anda yang dapat mimpi buruk. Anak-anak pun dapat mengalaminya. Tidak heran bila mereka terkadang akan terbangun tiba-tiba di malam hari dan menangis.

Untuk menghilangkan mimpi buruk anak, ada baiknya Anda sering mengajaknya membicarakan mimpi tersebut. Coba tanyakan apa yang mereka mimpikan dan ketahui apa makna mimpinya itu, sehingga Anda dapat membantu mengatasi rasa takutnya. Nah, berikut ini adalah beberapa mimpi yang sering dialami anak-anak.

1. Dikejar monster atau orang jahat
Menurut Deirdre Barrett, PhD, psikolog sekaligus penulis buku The Committee of Sleep: How Artists, Scientists, and Athletes Use Dreams for Creative Problem-Solving – and How You Can Too, and Trauma and Dreams, mimpi anak cenderung untuk berpusat pada ketakutan terhadap hal-hal yang bersifat fisik. Contohnya saja mimpi yang satu ini, yang lebih sering dialami anak-anak daripada orang dewasa. Mimpi ditangkap monster atau orang jahat memperlihatkan betapa anak-anak adalah mahluk yang paling rentan secara fisik.
"Mereka dapat dilukai dengan mudah, sebagian dikarenakan ukuran badannya yang lebih kecil dibanding orang dewasa, sebagian lagi karena mereka sendiri belum paham apa arti bahaya sebenarnya," kata Barrett. Untuk itu, Anda perlu membuatnya merasa aman dan memberitahunya bahwa Anda selalu melindunginya, sehingga ia akan merasa tenang dan terhindar dari mimpi buruk seperti itu lagi.

2. Mimpi ulangan mendadak di sekolah dan tidak siap
Pada anak-anak sekolah, sering kali mereka akan terjaga di malam hari karena mimpi tiba-tiba berada di kelas dan harus menghadapi ulangan tanpa persiapan apa-apa. Menurut Barrett, mimpi seperti ini mewakili keresahan karena tanpa sadar mengetahui bahwa ia sedang diamati dan dinilai orang lain. Anak Anda merasa tidak nyaman akan hal ini, sehingga hal ini terbawa hingga alam mimpi.

3. Terbang tinggi
Suatu ketika, anak mungkin akan bercerita bahwa ia bermimpi terbang bak Superman. Menurut Barrett, ini adalah mimpi yang positif. Seperti yang sering terlihat di televisi, fenomena terbang selalu diikuti dengan hal-hal yang menyenangkan, seperti melihat burung-burung di langit atau pemandangan yang indah di bawah.
"Sejauh anak tidak merasa takut saat terbang atau tidak jatuh ke bawah di dalam mimpi itu, ini menandakan anak merasa begitu senang dan bebas merdeka dalam hidupnya," jelas Barrett.



Sumber: ivillag

Tidak ada komentar:

Posting Komentar