Selasa, 18 Desember 2012

5 Langkah turunkan berat badan tanpa diet

Ingin menurunkan berat badan tapi malas diet? Kalau begitu Anda tak perlu berdiet. Cukup lakukan beberapa langkah untuk menurunkan berat badan dengan melakukan pola makan yang sehat, seperti dilansir She Knows berikut ini.
1. Tambah asupan protein
Mengonsumsi lebih banyak protein membuat perut Anda menghasilkan lebih sedikit hormon ghrelin yang merangsang selera makan, ungkap penelitian di The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa seseorang lebih cepat merasa kenyang dan tidak lapar, serta mudah menurunkan berat badan ketika asupan protein mereka ditambah 30 persen. Tambahkan porsi ikan laut, telur, daging sapi, kedelai, atau yogurt untuk menambah asupan protein.
2. Karbohidrat olahan
Semua bentuk karbohidrat akan diolah menjadi glukosa, bentuk paling sederhana dari gula. Karbohidrat yang mengandung serat, nutrisi, dan lainnya akan diolah dengan perlahan di perut. Namun ini berbeda dengan karbohidrat olahan. Karbohidrat olahan yang tidak mengandung serat dan nutrisi akan dengan cepat diolah oleh tubuh sehingga membuat Anda cepat lapar dan tidak kenyang. Beberapa macam karbohidrat olahan antara lain jus, kue, roti, pizza, permen, minuman ringan, minuman energi, dan lainnya.
3. Lebih banyak sayuran hijau
Lebih banyak konsumsi sayuran segar dan hijau, seperti kale, bayam, kubis, selada, baby spinach, dan lainnya. Campurkan sayur-mayur menjadi salad, namun jangan berikan dressing berlemak. Campurkan saja dengan minyak zaitun ekstra virgin, cuka, atau lemon.
4. Minum air
Air bisa menghilangkan segala racun dari tubuh. Dengan mengonsumsi banyak air Anda telah mencegah dehidrasi dan penyakit. Penyakit bisa membuat Anda lebih banyak mengonsumsi kalori sehingga mampu membuat berat badan Anda naik. Air juga bisa membuat kenyang dan tidak mudah lapar dengan cepat.
5. Kontrol emosi
Perasaan dan emosi juga berkaitan dengan makanan dan kebiasaan makan. Ketika mood Anda menurun, semua rencana pola makan sehat bisa berantakan. Jadi pastikan Anda membuat rencana dan benar-benar memperhatikan apa, kapan, dan kenapa Anda harus mengonsumsi makanan tersebut. Jangan biarkan emosi atau suasana perasaan mengganggu pola makan sehat Anda dan merusak rencana untuk menurunkan berat badan.
Masih ingin kurus atau menurunkan berat badan? Tak usah lakukan diet yang ribet dan susah. Lakukan saja lima langkah di atas. Tak hanya langsing, tubuh Anda pun akan menjadi sehat.
 
 
sumber:sheknows

Tidak ada komentar:

Posting Komentar